Makanan Sehat Untuk Anak

Posted by Seputar Tips Kesehatan on Tuesday, December 23, 2014


Makanan sehat untuk anak sangatlah penting, karena makanan sehat dapat berperan sebagai penunjang perkembangan anak terutama perkembangan otak buat si anak. 
Dengan begitu pasti kalian para orang tua menginginkan bukan? Jika anaknya sehat,memiliki perkembangan yang baik,jauh dari penyakit,cerdas,dan aktif. 
Oleh karena itu, anak-anak harus secara teratur makan-makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.berikut makanan sehat untuk anak :

  • Tahu

Tahu merupakan makanan kita sehari hari tanpa kita sadari bahwa tahu mempunyai manfaat bagi kesehatan tulang.Tahu merupakan sumber protein, vitamin B, kalsium dan zat besi yang mana nutrisi tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan anak yang tepat dan kesehatan tulang.
  • Yoghurt

Yoghurt yang selama ini dikenal sebagai sumber bakteri baik atau yang dikenal dengan probiotik. Probiotik berperan penting untuk menjaga perut anak tetap sehat dan bebas masalah pencernaan atau diare.
  • Mangga

Buah yang tidak asing lagi ini  rasanya manis dan merupakan sumber vitamin C yang sangat melimpah,yang mana sumber vitamin tersebut bermanfaat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan gigi dan gusi anak.
  • Susu

Minuman yang sehari hari kita berikan kepada anak yang mana kita semua tahu bahwa susu merupakan sumber yang kaya akan kalsium. Susu menyediakan jumlah kalsium yang sehat dan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D dalam susu juga membantu untuk menyerap kalsium. Susu sapi menyediakan nutrisi lengkap untuk anak-anak karena merupakan susu yang rendah lemak. Maka dari itu pilihlah susu yang tepat untuk sang buah hati kita.
  • Salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang mana penting untuk kesehatan jantung dan otak. Salmon juga mengandung protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak yang tepat. ikan salmon juga bisa mengurangi kemungkinan pembekuan darah, maka sepenuhnya menghilangkan risiko stroke, radang sendi darah, atau kanker.
  • Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sayuran yang sering kita jumpai di pasar dengan harga yang murah. Ubi jalar kaya akan betakaroten, yang mana zat tersebut bermanfaat menjaga kesehatan mata dan merupakan antioksidan dalam tubuh.Ubi jalar dapat diolah menjadi makanan yang disukai anak-anak.
  • Wortel

Wortel sudah sangat dikenal akan kandungan betakaroten, yaitu merupakan senyawa yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini juga merupakan antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan mata dari efek radikal bebas. Selain itu wortel berperan penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang dapat merusak gigi dan gusi anda. Ini dikarenakan, wortel memiliki kandungan mineral tertentu yang dapat mencegah kerusakan gigi dari waktu ke waktu
  • Telur

Telur telah lama dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah didapat. bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yakni suatu zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.jadi hal ini dapat meningkatkan daya ingat buah hati kita.
  • Selai kacang

selai kacang kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.
  • Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Yang mana zat besi merupakan mineral esensial yang dapat membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah.
  • Oat

oatmeal merupakan sejenis sereal yang populer di kalangan anak-anak. Oat mampu menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak dalam sehari-hari. Selain itu, serat pada oat juga memiliki peran untuk menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi.
  • Kacang-kacangan


Kacang-kacangan merupakan makanan kesukaan anak anak .kacang-kacangan menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Bukan itu saja, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

Demikianlah postingan makanan sehat untuk anak semoga dapat memberikan manfaat di dunia dan di akhirat.

Blog, Updated at: 6:49 PM

1 comments:

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Sosial Media

facebook blog email
Powered by Blogger.

Blog Archive

Entri Populer